Terjemah Fiqih Empat Madzhab

Nama kitab: Terjemah Fikih Madzhab (Mazhab) Empat, al-Fiqh ala al-Madzahib al-Arba'ah Nama penulis: Abdurrahman Al-Jaziri studi: Fiqih perbandingan

Terjemah Fiqih Empat Madzhab
Nama kitab: Terjemah Fiqih (Fikih) Madzhab (Mazhab) Empat, al-Fiqh ala al-Madzahib al-Arba'ah
Judul kitab asal: al-Fiqh ala al-Madzahib al-Arba'ah ( كتاب الفقه على المذاهب الأربعة)
Nama penulis: Abdurrahman Al-Jaziri (al-Juzairi)
Nama lengkap: Abdurrahman ibn Muhammad Awadh al-Jaziri, (عبد الرحمن بن محمد عوض الجَزِيري)
Lahir, Tempat lahir: Mesir, 1299 H/ 1882 M.
Wafat: Mesir, 1359 H/ 1941 M.
Bidang studi: Fiqih perbandingan (muqaran) empat madzhab Hanafi, Maliki, Syafi'i, Hanbali .  

 Daftar isi

  1. Biografi Al-Jaziri Pengarang Fikih Mazhab Empat
  2. Profil Kitab Fikih Mazhab Empat
  3. Download Terjemah Fikih Mazhab Empat
  4. Download Fikih Mazhab Empat versi Arab 
  5. Kitab Fikih lain
    1. Terjemah Matan Taqrib
    2. Terjemah Fathul Qorib
    3. Terjemah Minhajut Talibin
    4. Terjemah Fahul Muin
    5. Terjemah Safinatun Najah
    6. Terjemah Kasyifatus Saja Syarah Safinatun Naja
    7. Terjemah Kitab At Tahzhib Dalil Al-Quran dan Sunnah dari Matan Taqrib
    8. Terjemah Ibanatul Ahkam Syarah Bulughul Maram 
    9. Terjemah Uqudul Lujain 
    10. Terjemah Al-Umm Syafi'i 
    11. Terjemah Al-Majmu' Syarah Muhadzab
  6. Kaidah Fikih dan Ushul Fikih 
    1. Terjemah Al-Waraqat
    2. Terjemah Kitab Jam'ul Jawamik
    3. Terjemah Lubbul Ushul
  7. Kitab dan arikel Fikih Terbaru

Biografi Al-Jaziri Pengarang Fikih Mazhab Empat

Abd al-Rahman bin Muhammad Awad al-Jaziri (1299 H - 1360 H / 1882 - 1941 M), seorang ahli hukum Islam (faqih) lulusan universitas al-Azhar, berkebangsaan Mesir.

Ia dilahirkan di Pulau Shandawil (Gazirat Shandaweil) di pusat Sohaj Mesir pada tahun 1299 H – 1882 M. Ia belajar di Al-Azhar dan memperdalam fikih Abu Hanifah (mazhab Hanafi) pada tahun 1313 H hingga 1326 H. Lalu, ia mengajar fikih dan menjadi supervisor pada Divisi Masjid di Kementerian Wakaf Mesir pada tahun 1330 H, sebagai inspektur kepala, kemudian menjadi profesor «fakultas ushuluddin». Kemudian dia menjadi anggota Dewan Cendekiawan Senior (Hai'at Kibar al-Ulama) Mesir, dan dia meninggal di Helwan pada tahun 1359 H. - 1941 M.

Karyanya yang paling penting adalah buku “Fikih menurut Mazhat Empat.” Bagian bab ibadah awalnya ditulis oleh sekelompok ulama yang disponsori oleh Kementerian Wakaf Mesir, dan Al-Jaziri adalah salah satu orang yang bertanggung jawab atas mazhab Hanafi di kitab ini. 

Al-Jaziri terlibat di dalam penyuntingan buku ini dan mengoreksi kesalahan yang terjadi ketika pertama kali dicetak dan  menyelesaikan bab-bab fikih lainnya. Dia menyebutkan hal ini dalam pendahuluan buku tersebut. Anda akan menemukan rinciannya di artikel sebelumnya dan artikel “Fikih tentang Empat Mazhab, ” yang diterbitkan oleh Kementerian Wakaf Mesir.

Profil Kitab Fikih Mazhab Empat

Buku "Fikih Empat Madzhab" ini adalah salah satu buku fikih klasik dalam empat mazhab Ahlus sunnah wal jamaah yaitu, Hanafi, Maliki, Asy-Syafi'i,  dan Hambali yang ditulis oleh seorang ulama fikih terkemuka, Syaikh Abdurrahman Al-Jaziri. Beliau menghadirkan beragam masalah fikih lalu menguraikannya berdasarkan pandangan masing-masing madzhab seputar masalah tersebut. Salah satu tujuan penulisan buku ini, seperti yang dikemukakan oleh beliau sendiri adalah untuk memudahkan belajar fikih. 

Buku Syekh Al-Jaziri “Fikih Empat Mazhab” ini berisi tentang penyebutan persoalan-persoalan kemudian penyebutan para pemilik mazhab dan ucapan-ucapannya, namun sama sekali tidak menyebutkan dalil-dalil masing-masing mazhab. Penulis menjelaskan alasan penulisan buku tersebut dengan mengatakan: “Tujuan awal penulisan buku ini adalah untuk memfasilitasi topik-topik yurisprudensi Islam bagi para ulama imam masjid.”

Penulis menjelaskan bahwa dia telah berusaha keras dalam bukunya, menjaga penataannya, seperti yang dia katakan - dalam pengantar buku -: “Singkatnya, saya telah berusaha keras dalam buku ini, mengeditnya secara sempurna, merincinya dengan memberinya bab-bab khusus, dan disusun dalam urutan yang tepat. Yang perlu dilakukan pembaca hanyalah merujuk kepadanya dan mengambil apa yang dia inginkan dengan sangat mudah dan aman dari kesalahan, Insya Allah Akhir.

LihatTutupKomentar