Terjemah Tafsir Fi Zhilalil Quran

Nama kitab: Terjemah Tafsir Fi Zhilalil Quran, fi Zilal al-Quran, al-Zhilal Penulis: Sayyid Qutub Ideologi: Salafi Wahabi Jihadi Bidang studi: Tafsir

Terjemah Tafsir Fi Zhilalil Quran

Nama kitab: Terjemah Tafsir Fi Zhilalil Quran, fi Zilal al-Quran, al-Zhilal
Judul kitab asal: Fi Zilal al-Quran (Dalam Lindungan al-Quran) (في ظلال القرآن)
Penulis: Sayyid Qutub  (Arab: سيد قطب ‬‎)
Nama lengkap: ِSayyid Ibrahim Husayn Shadhili Qutb (Arab:  ‫سيد قطب ‬‎
 إبراهيم حسين الشاذلي)
Lahir: 9 Oktober 1906, Musha, Mesir
Wafat: 29 August 1966 (usia 59 tahun), Kairo, Mesir
Ideologi: Salafi Wahabi Jihadi
Bidang studi: Tafsir Al-Quran

Daftar Isi 

  1. Biografi Sayid Qutub
  2. Profil Tafsir fi Zhilalil Quran
  3. Download Terjemah Tafsir Fi Zhilalil Quran dalam Bahasa Indonesia 
  4. Download Terjemah Fi Zhilal al-Quran dalam bahasa Melayu (Malay) 
  5. Download Terjemah Fi Zhilal al-Quran berdasarkan Surat (bahasa Melayu / Malay)
  6. Download Tafsir Fi Zhilalil Quran versi Arab
  7. Terjemah Tafsir lain:
    1. Terjemah Tafsir Tabari 
    2. Terjemah Tafsir al-Qurtubi
    3. Terjemah Tafsir Jalalain
    4. Terjemah Tafsir Ibnu Katsir
    5. Terjemah Tafsir al-Munir Wahbah Zuhaili 
    6. Terjemah Tafsir Fathul Qadir al-Syaukani
    7. Terjemah Tafsir Fi Zhilalil Quran Sayid Qutub 
    8. Tafsir al-Mishbah Quraish Shihab
    9. Tafsir Al-Azhar Hamka
    10. Tafsir An-Nur Hasbi Ash-Shiddieqy 
    11. Tafsir al-Ibriz Bisri Mustofa 
    12. Tafsir al-Quran Kemenag 
    13. Tafsir Quran Karim Mahmud Yunus
    14. Terjemah Al-Quran berdasar Juz
  8. Kitab Tafsir Terbaru 

Biografi Sayid Qutub

Sayyid Qutb memiliki nama lengkap Sayyid Qutb Ibrahim Husain Syadzili. Ia lahir pada tanggal 9 Oktober 1906 M di sebuah kampung yang bernama Musyah, daerah Asyut dataran tinggi Mesir (Qutb, 2006). Dalam usianya yang belum genap sepuluh tahun Sayyid Qutb telah hafal al-Qur’an. Sayyid Qutb tumbuh dalam keluarga yang taat pada ajaran Islam, hal ini tidak terlepas dari didikan ayah dan ibunya yang terkumuka taat dan berpendidikan. Ibunya berasal dari keluarga yang kaya dan ayahnya berprofesi sebagai anggota Komisaris Partai Nasional di desanya (Aliyah, 2013).

Ayahnya yaitu Haji Qutb merupakan seorang yang disegani dan sangat mengasihi orang-orang miskin. Setiap tahun beliau mengadakan majlis-majlis jamuan dan tilawah al-Qur’an di rumahnya. Selain itu ibunya Sayyid Qutb merupakan seorang yang bertaqwa dan sangat mencintai al-Qur’an. Ketika majlis-majlis al-Qur’an yang diadakan di rumahnya, Sayyid Qutb mendengar dengan penuh khusyu sehingga hal ini begitu melekat pada ingatan Sayyid Qutb kecil (Qutb, 2006).

Sejak masih kanak-kanak dan remajanya Sayyid Qutb sudah memperlihatkan petanda-petanda kecerdasan yang tinggi dan bakat-bakat yang cemerlang, disamping itu beliau juga merupakan seorang yang gemar membaca dan berani mengemukakan pertanyaan-pertanyaan dan mengeluarkan pendapat-pendapat yang benar.

Sayyid Qutb memiliki empat saudara kandung. Semua saudaranya memiliki minat dalam dunia pendidikan, salah satu saudaranya yaitu Nafisah memilh menjadi seorang aktivis Islam dan yang lainnya berprofesi sebagai penulis. Dalam hal ini dapat dipastikan bahwa Sayyid Qutb beserta keluarganya memiliki minat yang serius dalam khazanah ilmu-ilmu Islam (Wulandari et al., 2017).

Pendidikan dan Karir Intelektual Sayyid Qutb
Salah satu prestasi gemilang Sayyid Qutb ialah ketika berusia sepuluh tahun ia mampu menghafal Al-Qur’an, dan memiliki pengetahuan yang luas serta mendalam mengenai Al-Qur’an. Ia menempuh pendidikan dasar di daerahnya selama empat tahun, kemudian ia melanjutkan ke Kairo di Madrasah Sanawiyah pada tahun 1921. Pada tahun 1925 Sayyid Qutb melanjutkan studinya di Madrasah Muallimin selama tiga tahun dan mendapatkan ijazah kafa’ah (kelayakan mengajar).

Pada tahun 1929 Sayyid Qutb melanjutkan kuliah di Universitas Daar al-‘Ulum dan memperoleh gelar sarjana (Lc) dalam bidang sastra sekaligus diploma pendidikan. Pada saat kuliah Sayyid Qutb menunjukkan kecerdasannya pada sastra Ingggis sehingga banyak membaca karya sastra yang asli maupun dalam bentuk terjemahan. Selain itu, ia juga terpengaruh oleh Abbas Mahmud al-Aqqad yang mana pendekatannya condong ke Barat (Muhajirin, 2017).

Setelah lulus kuliah keseharian Sayyid Qutb ialah sebagai tenaga pengajar di universitas tersebut. tidak lama kemudian ia diangkat sebagai pengawas pada kementerian Pendidikan dan pengajaran di Mesir, hingga menjabat sebagai inspektur.  

Selama bekerja Sayyid Qutb mendapatkan kesempatan untuk belajar di Amerika Serikat untuk memperdalam pengetahuannya mengenai pendidikan. Ia kuliah di dua college sekaligus dalam kurun waktu kurang lebih dua setengah tahun, Wilson’s Teacher College yang terletak di Washington dan di Stanford University yang terletak di California. Selama di U.S.A ia sempat berkeliling ke barbagai kota dan negara di eropa antara lain Inggris, Swiss, dan Italia (Aliyah, 2013).

Hasil dari perjalanannya Sayyid Qutb melihat sekalipun negara-negara Barat sangat maju di bidang teknologi dan keilmuan modern, namun dalam penilaiannya peradaban Barat sesungguhnya rapuh karena nihil dari nilai-nilai spiritual. Sosial kemasyarakatan disana memiliki problem yang menimbulkan paham materialisme sehingga pelik terhadap paham ketuhanan. Disana ia melihat betapa besar dukungan pers Amerika untuk Israel, hal ini menimbulkan kepahitan dalam hatinya dan merasakan ketidakadilan dalam pembasmian rakyat Palestina (M Taufiq Rahman, 2014).

Sekembalinya ke Mesir Sayyid Qutb mulai aktif menulis seputar topik-topik Islam. Ia yakin bahwa Islamlah yang mampu menyelamatkan manusia dari paham materialisme yang tidak pernah memuaskan. Kesungguhan Sayyid Qutb dalam hal tulis menulis mengenai Khazanah Islam membuatnya memutuskan berhenti dari pekerjaannya. Selain karena hal menulis Sayyid Qutb memilih mengundurkan diri karena melihat adanya ketidakselarasan kebijakan yang dimabil pemerintah dalam bidang pendidikan yang terlalu tunduk pada pemerintah Inggris (M T Rahman, 2010).

Dengan jarak waktu yang singkat Sayyid Qutb langsung bergabung dalam keanggotaan Ikhwan al-Muslimin sebagai satu gerakan yang bertujuan untuk mewujudkan kembali syari’at politik Islam yang menyeluruh. Dari Organisasi inilah Sayyid Qutb banyak menyerap pemikiran Hasan al-Banna dan Abu al-A’la al-Maududi, dan sempat menjadi tokoh berpengaruh dalam gerakan ini. Ia meyakini bahwa gerakan ini tak tertandingi dalam hal menghadang Zionisme, salibisme, dan kolonialisme. (Aliyah, 2013)

Pada tahun 1955 Sayyid Qutb ditahan oleh Presiden Nasser. Penyebab dari penahanannya ialah tuduhan berkomplot untuk menjatuhkan pemerintah. Kemudian pada tanggal 13 juli 1955 Sayyid Qutb resmi ditahan dan dijatuhkan hukuman 15 tahun kerja berat. Pada tahun 1964 ia dibebaskan atas usul presiden Irak Abdul Salam Arif yang mengadakan kunjungan Muhibah ke Mesir. Dalam kurun waktu satu tahun menikmati pembebasannya, Sayyid Qutb kembli ditahan bersama tiga orang saudaranya yaitu Muhammad Qutb, Hamidah dan Aminah. Presiden Nasser lebih menguatkan tuduhannya bahwa ikhwanul muslimin berkomplot untuk membunuhnya. Berdasarkan Undang-undang No 911 tahun 1966, presiden mempunyai kewenangan untuk menahan tanpa proses, bagi siapapun yang dianggap bersalah. Pada tanggal 29 agustus 1966 Sayyid Qutb bersama dua orang temannya menjalani hukuman mati, pemerintah mesir tidak menghiraukan protes dari organisasi amnesti internasional yang menganggap proses pengadilan Sayyid Qutb bertentangan dengan keadilan. Sayyid Qutb akan selalu dikenang dari berbagai karya dan perjuangannya dan ia dianggap syahid oleh khalayak besar (Muhajirin, 2017).

Karya-karya Sayyid Qutb
Sayyid Qutb memiliki banyak sekali karya, beliau meninggalkan sejumlah kajian dan studi baik bersifat sastra maupun keislaman (Saragih, 2015). Berikut ini merupakan beberapa karya Sayyid Qutb:
1. Muhimmatus Sya’ir Fil Hayah Wa Syi’ir Al-Jail Al-Hadhir, karyanya ini terbit pada tahun 1935.
2. Asy-Syathi’al Majhul, terbit pada tahun 1935.
3. Naqd kitab “Mustaqbal Ats-Tsaqafah Fi Mishr” Li Ad-Duktur Thaha Husain, terbit pada tahun 1945.
4. At-Tashwir Al-Fanni Fil Qur’an, terbit pada tahun 1945.
5. Al-Athyaf Al-Arba’ah, karyanya ini ditulis bersama saudara-saudaranya, terbit pada tahun 1945
6. Thifl Min Al-Qaryah, terbit pada tahun 1946.
7. Al-Madinah Al-Manshurah, terbit pada tahun 1946.
8. Masyahid Al-Qiyamah Fil Qur’an, terbit pada tahun 1947.
9. Al-Qashash Ad-Diniy.
10. Al-‘Adalah Al-Ijtima’yah Fi Al-Islam, terbit pada tahun 1949
11. Tafsir Fi Zhilalil Qur’an, terbit pada tahun 1952.
12. Dirasat Islamiyah

Selain karya-karya Sayyid Qutb yang telah disebutkan di atas, masih sangat banyak karya-karya Sayyid Qutb yang lainnya.

Profil Tafsir fi Zhilalil Quran

Kitab Tafsir Fi Zhilalil Qur’an merupakan kitab tafsir yang ditulis yang bersandarkan pada kajian-kajian Sayyid Qutb yang mendalam yang diambil langsung dari al-Qur’an dan as-Sunah, disamping bersumberkan pada kitab-kitab tafsir yang mu’tabar (Qutb, 2006).

Dalam menulis tafsir ini beliau telah menghabiskan lebih dari separuh usianya dalam pembacaan dan penelaahan yang mendalam terhadap hasil-hasil intelektual dalam berbagai bidang pengajian dan teori-teori, berbagai aliran pemikiran serta kajian mengenai agama-agama lain. Selain itu, beliau juga memperkaya pengetahuannya dengan melakukan kajian-kajian di bidang penulisan, keguruan, pendidikan serta pengamatannya yang luas dan tajam dalam perkembangan-perkembangan sosial politik (Qutb, 2006).

Tafsir Fi Zhilalil Qur’an ini ditulis dengan tinta derita dan sengsara yang begitu pahit akibat penindasan dan kekuasaan zalim pada masa itu. Beliau mendapatkan penyiksaan yang kejam dan tidak berperi kemanusiaan, kesengsaraan itu membuat beliau bertumpu kepada Allah dan penghayatan al-Qur’an, dimana beliau hidup dibawah bayangan al-Qur’an dengan seluruh jiwa dan perasaannya. Hal-hal inilah yang menjadi faktor penting lahirnya tafsir “Fi Zhilalil Qur’an”.

Download Terjemah Tafsir Fi Zhilalil Quran dalam Bahasa Indonesia

  1. Tafsir Fi Zhilalil Quran Jilid 1 oleh Sayid Qutub
  2. Tafsir Fi Zhilalil Quran Jilid 2 oleh Sayid Qutub
  3. Tafsir Fi Zhilalil Quran Jilid 3 oleh Sayid Qutub
  4. Tafsir Fi Zhilalil Quran Jilid 4 oleh Sayid Qutub
  5. Tafsir Fi Zhilalil Quran Jilid 5 oleh Sayid Qutub 
  6. Tafsir Fi Zhilalil Quran Jilid 6 oleh Sayid Qutub
  7. Tafsir Fi Zhilalil Quran Jilid 7 oleh Sayid Qutub
  8. Tafsir Fi Zhilalil Quran Jilid 8 oleh Sayid Qutub
  9. Tafsir Fi Zhilalil Quran Jilid 9 oleh Sayid Qutub
  10. Tafsir Fi Zhilalil Quran Jilid 10 oleh Sayid Qutub
  11. Tafsir Fi Zhilalil Quran Jilid 11 oleh Sayid Qutub
  12. Tafsir Fi Zhilalil Quran Jilid 12 oleh Sayid Qutub

Download Terjemah Fi Zhilal al-Quran dalam bahasa Melayu (Malay) berdasarkan Volume

  1. Fi Zilal al-Quran 1
  2. Fi Zilal al-Quran 2
  3. Fi Zilal al-Quran 3
  4. Fi Zilal al-Quran 4
  5. Fi Zilal al-Quran 5
  6. Fi Zilal al-Quran 6
  7. Fi Zilal al-Quran 7
  8. Fi Zilal al-Quran 8
  9. Fi Zilal al-Quran 9
  10. Fi Zilal al-Quran 10

Download Terjemah Fi Zhilal al-Quran berdasarkan Surat (bahasa Melayu / Malay)

  1. 0A muqaddimah
  2. 0B biodata
  3. 01 alfatihah
  4. 02 al-baqarah
  5. 03 ali-imran 
  6. 04 an-nisa
  7. 05 al-maidah
  8. 06 al-anam
  9. 07 al-araf
  10. 08 al-anfal 
  11. 09 at-taubah
  12. 10 yunus
  13. 11 hud
  14. 12 yusuf
  15. 13 ar-ra'd
  16. 14 ibrahim
  17. 15 al-hijr
  18. 16 an-nahl
  19. 17 al-isra
  20. 18 al-kahfi
  21. 19 maryam
  22. 20 taha
  23. 21 al-anbiya
  24. 22 al-hajj
  25. 23 al-mukminun
  26. 24 an-nurr
  27. 25 al-furqan
  28. 26 as-syuara
  29. 27 an-naml
  30. 28 al-qasas
  31. 29 al-ankabut
  32. 30 ar-rum
  33. 31 luqman
  34. 32 as-sajadah
  35. 33 al-ahzab
  36. 34 saba
  37. 35 faathir
  38. 36 yaasin
  39. 37 as-saaffat
  40. 38 saad
  41. 39 az-zumar
  42. 40 ghaffir
  43. 41 fussilat
  44. 42 asy-syura
  45. 43 az-zukhruf
  46. 44 ad-dhukhan
  47. 45 al-jaathiyah
  48. 46 al-ahqaf
  49. 47 muhammad
  50. 48 al-fath
  51. 49 al-hujurat
  52. 50 qaaf
  53. 51 az-zariyat
  54. 52 at-thur
  55. 53 an-najm
  56. 54 al-qamar
  57. 55 ar-rahman
  58. 56 al-waqiah
  59. 57 al-hadid
  60. 58 al-mujadalah
  61. 59 al-hasyr
  62. 60 al-mumtahanah
  63. 61 as-saff
  64. 62 al-jumuah
  65. 63 al-munafiqun
  66. 64 at-taghabun
  67. 65 at-talaq
  68. 66 at-tahrim
  69. 67 al-mulk
  70. 68 al-qalam
  71. 69 al-haqqah
  72. 70 al-maarij
  73. 71 nuh
  74. 72 al-jinn
  75. 73 al-muzammil
  76. 74 al-muddatsir
  77. 75 al-qiyamah
  78. 76 al-insan
  79. 77 al-mursalat
  80. 78 an-naba
  81. 79 an-naziat
  82. 80 abasa
  83. 81 at-takwir
  84. 82 al-infithar
  85. 83 al-mutaffifin
  86. 84 al-insyiqaq
  87. 85 al-buruj
  88. 86 at-tariq
  89. 87 al-ala
  90. 88 al-ghasiyyah
  91. 89 al-fajr
  92. 90 al-balad
  93. 91 asy-syam
  94. 92 al-layl
  95. 93 ad-dhuha
  96. 94 al-insyirah
  97. 95 at-tin
  98. 96 al-alaq
  99. 97 al-qadr
  100. 98 al-bayyinah
  101. 99 az-zalzalah 
  102. 100 al-adiyat
  103. 101 al-qariah
  104. 102 at-takathur
  105. 103 al-asr
  106. 104 al-humazah
  107. 105 al-fiil
  108. 106 al-quraisy
  109. 107 al-maun
  110. 108 al-kautsar-melayu
  111. 109 al-kafirun
  112. 110 an-nasr
  113. 111 al-masad
  114. 112 al-ikhlas
  115. 113 al-falaq
  116. 114 an-nas

Download Tafsir Fi Zhilalil Quran versi Arab
 
LihatTutupKomentar